Cara Menghemat BBM Mobil

Cara Menghemat BBM Mobil

Terkadang, harga bahan bakar bisa berubah. Itu bisa naik atau turun. Untuk mengatasinya, ada gunanya mengetahui Cara Menghemat BBM Mobil agar penggunaan lebih sedikit bahan bakar di mobil Anda. Dengan begitu, saat harga bahan bakar naik, Anda bisa menghemat uang dengan menggunakan lebih sedikit bahan bakar.

BBM atau Bahan Bakar Minyak merupakan salah satu jenis energi yang berasal dari dalam tanah. Itu terjadi ketika orang mengambil sesuatu yang disebut minyak bumi dan mengubahnya menjadi sejenis bahan bakar. Bahan bakar ini digunakan untuk menggerakkan mobil, sepeda motor, kapal, dan pesawat terbang.

Di Indonesia, harga bahan bakar naik pada bulan September 2022. Hal ini terkadang terjadi, seperti saat harga mainan atau permen berubah. Namun ketika harga BBM naik atau turun, ada hal baik dan buruk yang bisa terjadi.

Jika Anda memiliki mobil, Anda mungkin harus membayar lebih banyak uang untuk membeli bahan bakar karena harga naik. Untuk menghemat uang, Anda dapat melakukan beberapa hal agar mobil Anda menggunakan lebih sedikit bahan bakar. Tapi pertama-tama, mari kita pelajari hal-hal yang membuat mobil menghabiskan lebih banyak bahan bakar.

Hal-hal yang Dapat Membuat Mobil Boros BBM

Ada banyak hal yang bisa membuat mobil menghabiskan bahan bakar lebih banyak dari yang seharusnya, yaitu :

  1. Ketika sebuah mobil diisi dengan terlalu banyak barang atau terlalu banyak orang, maka dibutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk bergerak. Ini seperti ketika Anda memiliki ransel yang sangat berat dan sulit bagi Anda untuk berjalan.
  2. Jika mobil tidak mendapatkan pemeriksaan dan pembersihan secara berkala, hal ini dapat membuat mesinnya harus bekerja ekstra keras. Hal ini dapat menghabiskan lebih banyak bahan bakar daripada yang dibutuhkan.
  3. Mobil yang terlalu sering berakselerasi dan terlalu cepat akan membuat mesin mobil bekerja lebih keras dan menghabiskan lebih banyak bahan bakar.
  4. Menggunakan AC terlalu sering atau saat cuaca sangat panas di luar dapat membuat mobil menghabiskan bahan bakar lebih banyak dari yang seharusnya.
  5. Saat mobil terjebak kemacetan, mereka seperti harus berlari sangat kencang tanpa kemana-mana. Hal ini membuat mesin mobil harus bekerja ekstra keras dan menghabiskan lebih banyak bahan bakar.

Cara Menghemat BBM Mobil :

Dengan melakukan hal-hal ini, Anda dapat menghemat uang untuk bahan bakar dan juga membantu lingkungan!

1. Hindari Mengemudi Mobil Secara Agresif

Jika Anda mengendarai mobil dengan sangat cepat dan berhenti tiba-tiba atau melaju dengan sangat cepat, maka akan menghabiskan lebih banyak bahan bakar. Ini buruk karena berarti Anda harus menggunakan lebih banyak tenaga dan tidak baik untuk mobil. Jadi, usahakan untuk berkendara dengan lebih tenang dan lancar agar mobil Anda bisa menggunakan bahan bakar lebih sedikit dan lebih irit.

2. Batasi Penggunaan AC

Cara lain untuk menghemat bahan bakar adalah dengan tidak menggunakan AC mobil terlalu sering, atau menggunakannya pada suhu yang wajar. AC pada mobil memerlukan tenaga dari mesin agar dapat bekerja. Saat Anda menyalakan AC, mesin harus bekerja lebih keras untuk menghasilkan tenaga yang cukup. Jadi, jika Anda menggunakan AC terus-menerus, apalagi saat suhunya sangat dingin, mesin harus bekerja lebih keras dan menggunakan lebih banyak bahan bakar.

3. Perhatikan Beban Muatan Mobil Anda

Untuk menggunakan lebih sedikit bahan bakar, sebaiknya keluarkan barang-barang yang tidak diperlukan dari bagian belakang mobil Anda. Memiliki terlalu banyak barang di dalam mobil membuat mesin lebih sulit bergerak, sehingga menggunakan lebih banyak tenaga dan bahan bakar.

4. Memberikan Perawatan Rutin Pada Mobil

Memberikan perawatan rutin untuk menjaga mobil Anda tetap efisien dalam konsumsi bahan bakar. Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Melakukan tune-up berarti memeriksa dan mengubah hal-hal pada mesin mobil agar bekerja lebih baik. Hal ini meliputi pengecekan dan penggantian busi, kabel busi, dan bagian lain yang membantu menghidupkan mobil. Jika kita melakukan tune up secara rutin, maka mobil dapat menggunakan bahan bakar lebih sedikit dan berjalan dengan lancar.
  • Mengganti filter udara ibarat memberikan udara segar pada mesin untuk dihirup. Saat filter udara kotor, mesin seperti mencoba bernapas melalui sedotan. Hal ini membuat mesin lebih sulit menghasilkan tenaga. Namun jika kita mengganti filter udara secara teratur, hal ini seperti memberi mesin sedotan bersih untuk bernapas. Ini membantu mesin bekerja lebih baik dan menggunakan lebih sedikit energi.
  • Mengganti oli pada mobil penting dilakukan karena membantu mesin bekerja dengan lancar dan menggunakan lebih sedikit bahan bakar. Jika oli kotor atau jenisnya tidak tepat, hal ini dapat membuat mesin bekerja lebih keras dan menggunakan lebih banyak bahan bakar daripada yang diperlukan.

5. Cek Tekanan Ban Secara Rutin

Memeriksa tekanan udara pada ban mobil Anda penting dilakukan karena dapat mempengaruhi jumlah bahan bakar yang digunakan mobil Anda. Tekanan udara yang terlalu rendah akan menyulitkan mobil untuk bergerak dan menghabiskan lebih banyak bahan bakar. Jadi, pastikan untuk memeriksa ban Anda secara rutin agar tekanannya tetap tepat.

Demikian yang dapat kami sampaikan kepada Anda tentang Cara Menghemat BBM Mobil. Jika Anda perlu menyewa mobil yang berfungsi dengan baik dan menggunakan bahan bakar secara efisien, Anda dapat menghubungi Wira Trans Indonesia