Perbedaan Mobil Matic dan Manual

Perbedaan Mobil Matic dan Manual

Penting untuk mengetahui Perbedaan mobil Matic dan Manual sebelum Anda menyewanya. Ini akan membantu Anda memilih jenis mobil yang terbaik untuk Anda. Kami akan memberikan Anda informasi untuk memudahkan Anda dalam memilih mobil yang akan disewa.

Pada Prov. Jawa Timur, ada perusahaan Wira Trans Indonesia yang memperbolehkan masyarakat meminjam mobil untuk sementara waktu. Perusahaan-perusahaan ini memiliki berbagai jenis mobil untuk dipilih. Tak hanya itu, masyarakat juga bisa memilih apakah ingin mobil yang perpindahan gigi sendiri (otomatis) atau ingin berpindah gigi dengan menggunakan tongkat (manual). Mobil matic adalah mobil yang perpindahan persnelingnya sendiri, dan mobil manual adalah mobil yang harus mengganti persnelingnya sendiri.

Saat ini banyak sekali mobil yang bisa mengemudi sendiri. Orang-orang sangat menyukai mobil ini karena lebih mudah digunakan. Namun penting untuk diingat bahwa mobil biasa yang harus Anda kendarai sendiri juga masih keren banget.

Bisakah Anda menjelaskan apa itu transmisi mobil? Setelah kita memahaminya, kita bisa membahas perbedaan antara mobil matic dan manual.

Apa Itu Sistem Transmisi Mobil dan Apa Fungsinya?

Transmisi mobil ibarat mesin khusus yang membantu mobil melaju cepat atau lambat. Dibutuhkan tenaga dari mesin dan mengirimkannya ke roda agar mobil dapat bergerak. Ini juga membantu pengemudi memilih seberapa cepat atau lambat mereka ingin melaju. Transmisi mobil membantu mobil bergerak dengan mengubah kecepatan dan tenaga dari mesin ke roda.

Transmisi mobil membantu mobil melaju lebih cepat atau lebih lambat tergantung bagaimana Anda ingin mengemudi. Ini seperti otak mobil yang memberitahukan apa yang harus dilakukan dengan tenaga mesin. Fungsi transmisi mobil :

1.  Mentransfer tenaga mesin ke poros propeller

Transmisi membantu mesin memberikan tenaga pada roda mobil agar dapat bergerak maju. Caranya dengan menggunakan bagian khusus yang disebut kopling dan tongkat panjang yang disebut poros baling-baling. Dengan cara ini, tenaga mesin digunakan sebaik mungkin untuk membuat mobil melaju.

2. Menghasilkan momen (tenaga) sesuai kebutuhan

Transmisi membantu mobil menjadi kuat dan bekerja dengan baik dalam berbagai situasi. Ini dapat mengubah seberapa besar tenaga yang dimiliki mobil sehingga dapat menangani benda berat atau jenis jalan yang berbeda. Hal ini membantu pengemudi membuat mobil bekerja sebaik mungkin tergantung di mana mereka mengemudi.

3. Membuat mobil dapat berjalan mundur

Transmisi membantu mobil bergerak maju dan mundur. Hal ini memudahkan pengemudi untuk mengemudi secara mundur.

4. Membantu posisi berhenti

Transmisi membantu mobil melambat dan berhenti, meski mesin masih hidup. Hal ini sangat membantu saat mobil harus berhenti sebentar, seperti di lampu merah atau saat banyak mobil di jalan.

Mengenal Sistem Transmisi pada Mobil Matic dan Mobil Manual

Untuk memahami perbedaan mobil matic dan mobil manual, Anda perlu mengetahui cara kerja roda gigi pada setiap jenis mobil.

1. Transmisi Mobil Matic

Mobil matic mempunyai sistem khusus yang mengubah persneling untuk Anda. Anda tidak harus menggunakan tuas persneling atau kopling seperti pada mobil manual.

Mobil matic mempunyai sistem khusus yang dapat berpindah gigi dengan sendirinya. Hal ini dilakukan berdasarkan seberapa banyak Anda menekan pedal gas dan seberapa cepat mobil melaju. Hal ini membuat berkendara menjadi lebih mudah dan nyaman, terutama saat lalu lintas padat atau harus sering berpindah gigi.

2. Transmisi Mobil Manual

Mobil manual disebut manual karena pengemudinya harus mengganti persneling sendiri dengan menggunakan tuas dan pedal yang disebut kopling. Ia bekerja dengan mengubah seberapa cepat mobil melaju dengan menggunakan rasio roda gigi yang berbeda. Saat Anda berada di gigi rendah, mobil memiliki tenaga lebih besar tetapi melaju lebih lambat. Saat Anda berada di gigi yang lebih tinggi, mobil memiliki tenaga yang lebih kecil namun melaju lebih cepat.

Mobil manual memungkinkan pengemudi memiliki kendali lebih besar dan lebih terlibat dalam berkendara. Alih-alih mobil secara otomatis memilih gigi terbaik untuk situasi tersebut, pengemudi dapat memilih gigi mana yang akan digunakan. Ini membantu mereka mengemudi lebih baik dalam berbagai situasi.

Perbedaan Mobil Matic dan Manual Yang Harus Anda Tahu

transmisi-CVT-2

1. Perbedaan pada sistem transmisi

Mobil matic dan mobil manual berbeda karena cara perpindahan giginya. Pada mobil manual, pengemudi harus menekan pedal yang disebut kopling dan menggerakkan tuas untuk mengganti gigi. Namun pada mobil matic, mobil berpindah gigi dengan sendirinya tanpa pengemudi perlu melakukan apapun.

Ini tidak seperti mobil biasa yang persnelingnya harus diubah sendiri. Mobil matic bisa berpindah gigi dengan sendirinya berdasarkan seberapa keras Anda menekan pedal gas dan seberapa cepat Anda melaju. Ketika Anda menekan pedal gas lebih keras, otomatis mobil dapat berpindah ke gigi yang lebih tinggi.

2. Perbedaan dalam cara mengoperasikannya

Perbedaan utama antara mobil matic dan mobil manual terletak pada cara Anda mengendarainya. Pada mobil manual, Anda harus menggunakan tiga pedal, satu untuk mempercepat, satu untuk memperlambat, dan satu lagi untuk mengganti gigi. Namun pada mobil matic, Anda hanya perlu menggunakan dua pedal, satu untuk mempercepat dan satu lagi untuk memperlambat.

Mobil matic lebih mudah dikendarai dibandingkan mobil manual karena tidak perlu menggunakan banyak pedal. Pada mobil matic, Anda cukup menggerakkan tuas untuk berpindah gigi, bukan menggunakan pedal untuk menekan kopling.

3. Perbedaan pada penggunaan bahan bakar

Mobil matic menggunakan bahan bakar lebih banyak dibandingkan mobil manual karena memiliki kecepatan putaran per menit (RPM) yang lebih tinggi. Mobil manual lebih baik dalam menggunakan bahan bakar secara efisien.

Namun kini ada mobil baru yang bisa mengemudi sendiri dan memiliki teknologi khusus yang membantu mereka menggunakan lebih sedikit bahan bakar. Artinya, mobil-mobil ini lebih baik dalam menghemat uang bahan bakar.

4. Perbedaan pada sistem pengereman

Mobil matic hanya menggunakan rem untuk memperlambat, sedangkan mobil manual menggunakan rem dan mesin untuk memperlambat. Oleh karena itu, rem pada mobil matic lebih cepat aus dibandingkan pada mobil manual.

5. Perbedaan perawatan

Mobil matic biasanya membutuhkan perawatan lebih dibandingkan mobil manual. Hal ini karena suku cadangnya lebih rumit dan perlu lebih sering mengganti oli.

Contoh Mobil Matic dan Mobil Manual

Jadi, ada dua jenis mobil – otomatis dan manual. Mobil matic bisa mengemudi sendiri sedangkan mobil manual mengharuskan Anda mengganti persneling. Saat Anda ingin menyewa mobil, Anda bisa memilih di antara kedua tipe tersebut. Berikut beberapa contoh masing-masing jenis yang dapat Anda pilih.

Contoh Mobil Matic

  • Honda All New Brio
  • Honda New HRV RS Turbo
  • Mazda 2
  • Nissan Serena
  • Toyota Agya GR Sport

Contoh Mobil Manual

  • Honda Mobilio
  • Mitsubishi Strada Triton DC 4X4
  • KIA New Picanto
  • Suzuki Karimun Wagon R
  • Suzuki Ertiga

Segera pesan mobil dari Wira Trans Indonesia. Mereka adalah perusahaan terpercaya yang dapat memberi Anda layanan hebat. Hubungi mereka sekarang untuk membuat reservasi!